Awas.. Cuaca Panas Dapat Picu Kanker Kulit

Tingginya suhu udara Medan, yang mencapai 34 derajat celcius dalam beberapa hari terakhir, dinilai dapat memicu kanker kulit bagi seseorang. Itu bila terlalu sering terpapar sinar ultraviolet.

“Cahaya matahari sangat tidak baik bila suhu panas mencapai 34 derajat celsius. Karena, itu bisa merusak kulit dan bisa menimbulkan kanker.Yang ditakutkan adalah sinar ultraviolet bisa menyebabkan mudah terkena kanker kulit,” kata dokter ahli kulit, Irwan Rangkuti, di Medan, Senin (9/5).

Namun, menurut Irwan, kanker kulit yang dialami seseorang itu tidak serta merta terjadi. Kanker kulit baru terjadi bila kulit terlalu lama dan secara terus menerus terekspos atau terkena sinar ultraviolet.

“Tidak seketika selama sebulan atau dua bulan, masyarakat dapat terkena kanker kulit ini. Melainkan, seringnya terpapar sinar matahari selama bertahun-tahun,” katanya.

Selain itu, Irwan meminta masyarakat juga mewaspadai penyakit jamur. Karena, cuaca panas dapat menyebabkan seseorang berkeringat sehingga pakaian akan menjadi lembab ataupun basah. Kalau dibiarkan, itu bisa menyebabkan biang keringat atau keringat buntat dan juga bisa terkena penyakit kulit karena jamur.

“Untuk menghindari ini, jika masyarakat yang melakukan aktifitas di luar rumah, mereka hendaknya melakukan pemakaian pelembab kulit dan memakai pakaian yang longgar serta dapat menyerap keringat,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s