Strategi Bangkit Kembali dari Kejatuhan Finansial

TIDAK ada seorang pun di dunia ini yang ingin tertimpa masalah keuangan. Akan tetapi, jika mimpi buruk itu datang, Anda sebaiknya mengetahui sejumlah strategi untuk bangkit kembali dari kejatuhan finansial.

Apabila simpanan dana darurat telah ludes digunakan, utang kartu kredit menunggak, dan tidak ada kenaikan gaji dalam waktu dekat, tiba saatnya Anda melakukan inventarisasi situasi keuangan serta beberapa perubahan besar.

Prioritas anggaran

Anggaran atau rencana pengeluaran Anda selama enam bulan lalu tidak berlaku lagi sekarang. Sudah waktunya untuk meninjau semua pengeluaran dan sumber pendapatan, serta merealokasi pengeluaran Anda. Luangkan waktu untuk memeriksa pengeluaran bulanan Anda dan menghapus sejumlah pengeluaran ekstra untuk setidaknya beberapa bulan ke depan.

Tilik lebih dekat semua sumber pendapatan dan pikirkan cara untuk meningkatkan penghasilan. Misalnya, dengan bekerja sampingan, mengambil jam kerja tambahan atau lembur, menyewakan mobil atau kamar kosong di rumah, dan lain sebagainya.

Menghubungi kreditor

Jika beberapa tagihan Anda sudah jatuh tempo, jangan biarkan tagihan-tagihan itu menumpuk. Pembayaran yang terlambat bisa membuat biaya semakin tinggi dan akan muncul dalam laporan kredit Anda.

Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah menelepon kreditor Anda dan mencari tahu apakah mereka dapat menerima pembayaran telambat tanpa mengenakan denda, atau menyesuaikan rencana pembayaran Anda dengan cara apa pun sehingga menjadi lebih terjangkau.

Jangan mengabaikan mereka karena tindakan itu justru tidak akan membantu. Jaga jalur komunikasi agar tetap terbuka dan positif. Beberapa kreditor mungkin bersedia mengurangi pembayaran bulanan Anda, menyesuaikan tanggal jatuh tempo, atau bahkan menurunkan tingkat suku bunga.

Memeriksa laporan kredit

Apabila mendapatkan pinjaman pribadi merupakan satu-satunya solusi bagi Anda untuk keluar dari masalah keuangan dalam jangka pendek, pastikan tidak ada kesalahan besar atau kecil dalam laporan kredit Anda sebelum menemui pemberi pinjaman. Laporan kredit Anda harus berada dalam kondisi sebaik mungkin sebelum bank menjalankan pemeriksaan kredit.

Menemui konselor

Berbicara dengan seorang konselor atau penasihat keuangan dapat membantu Anda bangkit kembali dari masalah keuangan yang serius. Mereka juga dapat memberikan beberapa perspektif tentang situasi Anda saat ini.

Kadang cukup sulit untuk menghadapi masalah-masalah keuangan seorang diri. Mendidik diri sendiri tentang finansial juga dapat menolong mengurangi sejumlah kecemasan soal uang, serta membantu Anda merencanakan masa depan yang lebih baik. (Yul/X-13)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s