Kapan saat yang Tepat untuk Makan?

SINYAL nafsu makan kita memang terkadang tidak bisa dipercaya. Terkadang kita lapar, padahal sebenarnya itu adalah nafsu atau emosi sesaat untuk makan. Lain kali Anda merasa terdorong untuk makan, ketahui terlebih dahulu apakah rasa lapar itu asli atau tidak.

Bagaimana caranya? Ikuti tips di bawah ini:

1. Kenali rasa lapar yang asli. Kelaparan fisik datang secara bertahap, sedangkan kelaparan emosional muncul tiba-tiba.

2. Perut berbunyi keroncongan. Ketika perut benar-benar kosong, Anda akan merasa hampa dan perut akan terasa sedikit pedih. Nah itulah tanda Anda kelaparan.

3. Kenali penyebab lapar Anda sebenarnya. Rasa lapar yang sebenarnya bisa dituntaskan dengan makanan apa pun. Tapi jika Anda menginginkan makanan tertentu, Anda berarti bukan lapar.

4. Tahan lapar selama 10 menit. Selama itu, lakukan hal lain untuk mengalihkan perhatian. Biasanya, setelah 10 menit, jika itu hanya emosional sesaat, rasa lapar itu akan menghilang.

5. Minum air putih. Banyak orang yang kebingungan membedakan rasa lapar dengan haus. Banyak pula yang berpikir bahwa mereka membutuhkan makanan, padahal sebenarnya tubuh mereka butuh cairan. Jadi minumlah segelas air lalu tunggu 10 menit. Jika Anda masih merasa lapar, makanlah.

6. Kunyah sesuatu misalkan permen karet, lolipop, atau mint yang memuaskan Anda. Bila bukan rasa lapar yang sebenarnya, setelah mengunyah, Anda tak akan merasa kelaparan lagi. (Pri/OL-06)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s