Usus Alkoholik Tempat Subur Bakteri

MENGONSUMSI minuman beralkohol meski hanya dalam jumlah sedikit tapi setiap hari bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri usus kecil atau small intestinal bacterial overgrowth (SIBO) secara berlebihan dan kemudian menimbulkan gejala gastrointestinal seperti kembung, gas, konstipasi, sakit perut, dan diare.

Studi ini melihat grafik dari 198 pasien yang menjalani tes napas hidrogen laktulosa (LHBT) untuk menentukan adanya SIBO. Ditemukan, bahwa setiap konsumsi alkohol secara signifikan terkait dengan munculnya SIBO. Ini menunjukkan peningkatan risiko SIBO bukanlah terkait dengan merokok atau penyakit maag sperti heartburn.

Pertumbuhan bakteri usus kecil adalah suatu kondisi di mana ada bakteri tumbuh di usus kecil dalam jumlah yang tak biasa atau abnormal.

Akibatnya, orang dengan pertumbuhan bakteri usus kecil yang berlebihan mungkin tidak mampu menyerap nutrisi yang cukup sehingga menjadi kekurangan gizi.

Selain itu, pemecahan nutrisi oleh bakteri dalam usus kecil dapat menghasilkan gas serta menyebabkan perubahan kebiasaan buang air besar.

Penelitian oleh Scott Gabbard MD dan rekan-rekannya di Dartmouth-Hitchcock Medical Center dan Klinik Mayo ini merupakan salah satu yang pertama untuk melihat hubungan antara konsumsi alkohol dan SIBO, seperti dikutip dari Sciencedaily, Rabu (2/11).

Temuan telah dipresentasikan pada American College of (ACG) Pertemuan Ilmiah Tahunan Gastroenterology 76 di Washington, DC. (Pri/OL-06)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s